Jalan Terjal Mauro Icardi Gabung ke Timnas Argentina di Piala Dunia 2018

Timnas Argentina di Piala Dunia 2018

Mauro Icardi merupakan salah satu pemain di lini serang yang begitu berbahaya di liga-liga Eropa selama musim ini. Walau begitu, hal tersebut ternyata tak menjamin keikutsertaannya memperkuat timnas Argentina di Piala Dunia 2018 mendatang.

Saat melawan Cagliari di bulan ini, pemain andalan Inter Milan tersebut menciptakan golnya ke-25 selama musim ini. Secara menyeluruh, Icardi sudah mencatatkan 106 gol di Seri A Liga Italia dari 185 laga.

Icardi juga merupakan pemain Inter pertama yang dapat membukukan 25 gol selama satu musim, sejak Zlatan Ibrahimovic pernah mencetak rekor tersebut di musim 2008-2009 dan Ronaldo di musim 1997-98.

Dengan catatan 26 gol selama musim ini, Icardi ada di posisi kedua pemain pencetak gol terbanyak Seri A dan di posisi pertama ada kapten Lazio, Ciro Immobile dengan hasil 29 gol. Akan tetapi, hasil apik tersebut tak membuat pemain 25 tahun tersebut dapat tampil membela timnas Argentina di Piala Dunia 2018 yang dilaksanakan di Rusia, Juni mendatang.

Pelatih timnas yakni Jorge Sampaoli mengaku belum mau menurunkannya. Sampaoli masih akan mengutamakan pemain seperti Paulo Dybala, Gonzalo Higuain, hingga Sergio Aguero sebagai pendamping Lionel Messi di depan.

Argentina sendiri pernah merasakan Keberhasilan sekaligus keterpurukan di Piala Dunia 2014 yang lalu. Mereka berhasil masuk ke babak final namun juga gagal di babak finalnya. Kini, Argentina harus jatuh bangun melewati babak kualifikasi Piala Dunia Zona Amerika Selatan.

Argentina tak masuk posisi empat teratas hingga melawan Ekuador di laga pamungkas. Mereka sempat ketinggalan hingga Lionel Messi menciptakan tiga gol dan berhasil membawa mereka ke tiga besar menuju Rusia.

Icardi sendiri tak menjadi bagian dari skuad Argentina dalam laga ujicoba kontra Italia dan Spanyol Maret lalu. Walau begitu, Messi mengatakan jika berita yang mengatakan Icardi merupakan salah satu pemain yang tak diinginkan di tim adalah berita bohong.

“Itu tak pernah benar. Saya tak pernah ikut mengurus pemilihan pemain di tim ini,” kata Messi.

Mauro Icardi sendiri paham soal hal tersebut. “Saya tahu jika saya tak menjadi bagian dari skuad. Saya cedera hingga menepi dalam empat laga dan pemain lain menjadi pilihannya,” ucapnya kemudian.

Sementara itu, Jorge Sampaoli mengungkapkan skema di babak final untuk pemain timnas Argentina di Piala Dunia 2018 sudah sampai 80 persen. Mengenai Icardi, sama halnya dengan Dybala yang aktif dengan 21 gol di Juventus, ia mengatakan keduanya mungkin masih sulit menyesuaikan diri dengan gaya bermain timnas.

“Saya tak mencoretnya. Saya bangga dengan performanya. Namun, fokus kali ini adalah membuat pilihan terbaik,” ucap Sampaoli.

Tampil di Piala Dunia memang tidak mudah untuk pemain dari Rosario tersebut. Demi membela Argentina, dia bahkasn sudah menolak tawaran dari timnas Italia dan Spanyol.

Keluarga Icardi sendiri pindah ke Canary saat dia berumur enam tahun dan masuk ke tim junior Barcelona saat berumur 15 tahun. Namun, pindah ke Sampdoria di tahun 2011 lalu. Di umur 20 tahun, Icardi mendapatkan kesempatan gabung ke Inter Milan. Di tahun 2013, ia juga masuk ke Argentina kontra Uruguay.

Namun, karirnya di timnas hanya tampil empat kali karena selebihnya dirinya kesulitan tampil di timnas dan Piala Dunia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *